Sunday, 5 December 2010

tugas stratifikasi sosial

TUGAS SOFTSKILL

ILMU SOSIAL DASAR




ASEP SOLIHIN (39410472)
1ID04
TEKNIK INDUSTRI







UNIVERSITAS GUNADARMA 2010/2011

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah. Sholawat dan salam kepada Rasulullah. Berkat limpahan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini.

Dalam makalah tugas soft skill ini saya membuat contoh stratifikasi sosial, dan pendapat saya tentang statifikasi sosial.

Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada mahasiswa fakultas Teknologi Industri . Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna. Untuk itu kepada dosen pembimbing saya meminta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah tugas soft skill kami di masa yang akan datang.



Bekasi, 6 Desember 2010
Penulis,


TUGAS ILMU SOSIAL DASAR

Pengertian :
Definisi stratifikasi sosial yang dikemukakan oleh Pitrim A.Solokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosiall. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan.

Salah satu contoh stratifikasi sosial :
Manusia yang memiliki kekayaan lebih akan melakukan tindakkan yang seenaknya / sesuai keinginanya walawpun itu melanggar hukum tetapi mereka dapat lolos dari hukuman dengan cara membeli hukum, menyuap hakim atau jaksa, tetapi bila rakyat miskin ketika melakukan tindakkan yang melanggar hukum dengan tidak sengaja ataupun sengaja mereka akan menerima hukum sesuai dengan ganjaran yang setimpal akan perbuatan mereka.

Pendapat saya :
Saya tidak setuju, karena sama saja dengan membeda-bedakan orang, orang yang salah harus di hukum, karna hukum tidak memandang bulu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment