Sunday 2 October 2011

ILMU SOSIAL DASAR

ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
Di berbagai kalangan manusia terutama di Indonesia pasti sudah banyak yang melakukan sosialisasi antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya, tetapi tidak banyak pula masyarakat yang tau akan adanya Ilmu Sosial Dasar di lingkungannya. Disini akan membahas tentang Ilmu Sosial Dasar, mulai dari Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar.
I. PENGERTIAN ISD
Dari berbagai sumber yang saya baca, pengertian demi pengertian tentang Ilmu Sosial Dasar memiliki arti yang sama yaitu tentang ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. Banyak sekali masalah-masalah yang ada di Indonesia ini sehingga berbagai bidang Pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, sosiologi, antropologi, ilmu politik, geografi, ekonomi, psikologi sosial dan sejarah menggunakan pengertian-pengertian seperti fakta, konsep dan teori, dan semua itu diharapkan dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar konsep-konsep untuk melengkapi gejala-gejala sosial daya tanggap, persepsi dan penalaran semua masyarakat terhadap lingkungan sosialnya.

II. TUJUAN ISD
Misalnya pada mahasiswa pengetahuan ISD ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepekaan terhadap sesama baik di dalam kampus maupun dilingkungan rumah bahwa pasti ada masalah-masalah di masyarakat. Dan bila ada sebuah masalah di dalam lingkungan masyarakat dapat menanggulanginya.

III. RUANG LINGKUP ISD
ISD meliputi dua kelompok utama yaitu studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, antropologi, ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya. Masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.

SUMBER :
amal_q@student.gunadarma.ac.id http://laluilmi.blogspot.com



ASEP SOLIHIN
39410472
2ID04

No comments:

Post a Comment