Usai membuka layanannya di bulan Oktober
lalu di sejumlah negara berkembang di kawasan Asia dan Afrika, layanan jual
beli mobil Carmudi membuka
tahun 2014 dengan ekspansi di pasar Indonesia dan Filipina. Layanan yang
didukung oleh Rocket Internet ini menyatakan pertambahan pasar ini tak lepas
dari perkembangan industri otomotif yang pesat di kedua negara Asia Tenggara.
Di Indonesia sendiri pasar jual mobil secara online sudah
cukup ramai, meskipun masih ada ruang untuk berekspansi. Selain Mobil123 dan
RajaMobil yang memiliki segmentasi pasar yang sama, Carmudi juga harus bersaing
dengan layanan iklan baris raksasa macam Tokobagus dan Berniaga. Stefan
Haubold, co-founder Carmudi, mengatakan kepada e27 bahwa targetnya adalah
mencapai posisi tiga besar di segmen iklan baris mobil di setiap negara,
meskipun dia menekankan adalah lebih penting untuk menghantarkan layanan
berkualitas tinggi untuk memastikan kepuasan pelanggan.
Menurut Haubold, biasanya konsumen mencari tiga hal saat
memanfaatkan layanan seperti ini: transparansi, penawaran yang sesuai untuk
budgetnya dan ketersediaan berbagai macam jenis mobil yang bisa dipilih.
Konsumen juga menginginkan kemampuan untuk membandingkan penawaran produk dari
kota dan lokasi yang berbeda dalam satu tempat. Hal inilah yang ditawarkan di
Carmudi.
Di awal peluncurannya, Carmudi telah memiliki lebih dari 1000
listing untuk informasi penawaran mobil di Indonesia. Konsumen dapat memilih
mobil yang diinginkan berdasarkan harga, jarak yang sudah ditempuh, tahun
pembuatan, lokasi, kondisi (baru, lama ataupun rusak), dan merk. Untuk
mengurangi kemungkinan penipuan, konsumen bisa memilih apakah hanya ingin
melihat dari penjual yang sudah diverifikasi.
Sejauh ini Haubold menolak menginformasikan berapa banyak
informasi penawaran yang terdaftar dan terjual di Carmudi. Haubold hanya
mengatakan sejak pendiriannya, Nigeria adalah pasar terbesarnya saat ini.
Secara platform, Carmudi telah menyediakan ruang untuk
penawaran motor dan kendaraan komersial — seperti truk ataupun mobil boks.
Meskipun saat ini data di kedua segmen tersebut masih kosong, ini bisa menjadi
diferensial dalam usahanya bersaing dengan layanan sejenis.
http://id.berita.yahoo.com/blogs/jagat-pintar/layanan-jual-beli-mobil-milik-rocket-internet-carmudi-masuki-pasar-indonesia-040923456.html
No comments:
Post a Comment